Sejarah Kampung

Kampung Mekar Jaya dalam sejarahnya berawal dari Proyek Transmigrasi dari Pulau Jawa pada tahun 1977 tepatnya diresmikan tanggal 27 Maret 1977 merupakan Transmigrasi angkatan pertama untuk Wilayah Tulang Bawang, yang pada awalnya bernama Kampung Purwajaya Kecamatan Menggala Kabupaten Lampung Utara setelah pemecahan Kabupaten, Menjadi Kabupaten Tulang Bawang Kecamatan Banjar Agung. Pada sekitar tahun 2005 terjadi Pemecahan Kecamatan menjadi Kecamatan Banjar Margo disusul dengan pemecahan Kabupaten Kembali 2007 menjadi Kabupaten Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat dan Mesuji. Sampai pada tanggal 3 September 2009 Kampung Purwajaya memekarkan diri menjadi Kampung Mekar Jaya Kecamatan Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang. Kampung Mekar Jaya berlokasi diperbatasan Kabupaten Tulang Bawang dan Tulang Bawang Barat yang pada saat itu Kondisi jalan sebagian besar masih berupa jalan tanah dan kurang lebih 4-5 km sudah jalan Onderlag/jalan Batu kasar dan 0% jalan aspal.

Kondisi jalan poros dan jalan Kampung pada saat itu (2010)

Mengingat Kampung Mekar Jaya merupakan Kampung Pemekaran berdasarkan keinginan warga untuk memisahkan diri dari Kampung induk agar dapat lebih berkembang dan lebih maju, berdasarkan hal tersebut Kampung Mekar Jaya mulai berbenah secara berlahan mempersiapkan berbagai Infrakstruktur dengan modal awal sebuah bagunan Balai Suku Semi Permanen dengan 2 ruang ukuran 3 x 4 meter dan bagunan setengah diding dengan ukuran 6 x 9 meter dijadikan sebagai kantor Kampung dan balai Kampung walaupun bangunan yang sudah memprihatinkan mengingat usia yang telah lama berdiri, namun tidak mengurangi semangat dan keinginan untuk memajukan Kampung, disinilah segala pemikiran, inovasi, rencana dan impian dikembangkan untuk mempercepat pembangunan.

Kondisi Balai Kampung saat itu (2010)

Setelah Kampung Mekar Jaya menjadi Kampung Devinitif  Program pertama adalah Pemilihan Kepala Kampung dan telah dilaksanakan dengan sukses tanpa ada kendala yang berarti terpilihlah seorang kepala Kampung yang bernama Bapak Drs. ARDIANSYAH seorang putra Transmigrasi yang cukup berdedikasi untuk mengembangkan dan memajukan Kampung, setelah itu mulailah beliu membentuk Aparatur Kampung mulai dari Juru Tulis Kampung Bapak Sugiono, A. Md, Bendahara Bapak Suhadi, A. MaPd, Kaur Umum Bapak Busri, Kaur Pemerintahan Bapak Sunarto A. Md, Kaur Pembangunan Bapak A.H. Joko Pitono ketua Suku 1 Bapak Deden Setiawan, Suku 2 Bapak Rohmat Hidayat, Suku 3 Bapak Sarwan Suku 4 Bapak Thohirin dan Ketua RT 1 Bapak Hadi, RT 2 Bapak Dani RT 3 Bapak Suyatno Suku 2 RT 1 Bapak Suparman, RT 2 Dalono,  RT 3 Bapak Suyatno Kodri, Suku 3 RT 1 Bapak Samroni, RT 2 Bapak Karyono, Rt 3 Bapak Yahmin, Suku 4 RT 1 Bapak Purwadi, RT 2 Bapak Mat Agus, RT 3 Bapak Wakit dan membentuk  Badan permusyawaratan Kampung (BPK) Bapak Sartono, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kampung (LPMK) Bapak                       Hi. Mudawari, S. PdI, PKK Ibu Wasriah, Organisasi Karang Taruna Bapak Margiono, Puskesdes dan lain-lain yang diharapkan dapat mengangkat nama Kampung agar segera dapat sejajar dengan Kampung-Kampung yang lain.

Untuk selanjutnya setelah terbentuk Aparatur Pemerintahan Kampung Mekar Jaya memalui wadah Musyawarah Triwulanan yang dihadiri oleh Aparatur Kampunng, lembaga Kampung, dan Tokoh Pemuda maupun Tokoh Masyarakat Pemerintah Kampung menyampaikan Program Kerja yang telah dilaksanakan dengan baik dan dalam kurun waktu 1 kali Periode Jabatan Kepala Kampung hasil-hasil yang telah di capai antara lain:

  1. Pembangunan Kantor Kampung Mekar Jaya hasil swadaya masyarakat melalui program iuran fee karet masyarakat
  2. Tugu Buah Naga sebagai symbol Kampung Mekar Jaya yang merupakan hasil penggunaan Dana Kampung dan Swadaya Masyarakat
  3. Rehab Balai Kampung yang mudah-mudahan di tahun 2017 ini akan selesai 100% menggunakan dana ADK tiga tahap 2015,2016 dan 2017
  4. Bangunan Posyandu melalui dana DK tahun 2016
  5. Bangunan Gedung PAUD melalui dana DK tahun 2016
  6. Pengerasan Jalan melalui Program GSMK melalui dana ADK, PU Kabupaten, Dinas DP4K melalui Program Jalan Produksi, Program Padat Karya dan PU Provinsi. Alhamdulillah telah mencapai hampir 100% jalan Poros dan jalan Kampung telah dalam keadaan Onderlagh
  7. Jalan Hotmix walau hanya berkisar 1-2 Km serta Lapen antara 1-2 Km telah masuk ke Kampung Mekar Jaya dalam penantian hamper 40 tahun semenjak Transmigrasi
  8. Perbaikan Gorong-gorong juga telah belasan yang telah di perbaiki melalui dana DK tahun 2016-2017
  9. Sumur Bor untuk masyarakat 9 unit baik melalui DK maupun bantuan Pemda Alhamdulillah sangat besar manfaatnya untuk memenuhi sarana air bersih terutama di musim kemarau
  10. Pembangunan Gapura Batas Kampung sebagai Pintu Gerbang Kampung Mekar Jaya telah berdiri dengan Megah
  11. Serta Pembangunan Fisik Lainya dan juga Program-program Penggalian dan Peningkatan SDM Kampung Mekar Jaya melalui program-program

    Pembinaan dan Pemberdayaan Lembaga-lembaga dan Aparatur Kampung di harapkan akan mampu mengimbangi Kemajuan Insfrakstruktur untuk percepatan pembangunan di segala Bidang.

Kampung Mekar Jaya terdiri dari 4 Suku/Rk dan 12 RT dengan luas wilayah lebih kurang 1.121 Ha berupa tanah pemukiman dan Peladangan dan sebagian kecil rawa yang sebagian telah dibuat untuk area persawahan tadah hujan dan sebagian besar tanah peladangan menjadi area perkebunan karet yang merupakan mata pencaharian pokok Masyarakat yang telah dapat mengangkat perekonomian masyarakat Kampung mekar jaya pada umumnya. Jumlah penduduk pada pendataan tahun 2011 terdiri dari kurang lebih 420 Kepala Keluarga dengan jumlah penduduk laki-laki kurang lebih 710 jiwa dan perempuan 694 jiwa hingga jumlah penduduk total kurang lebih 1.404 jiwa terdiri dari berbagai latar belakang yang berbeda dan berbagai potensi yang dimiliki warga mulai dari olah raga, seni, kewira usahaan dan lain-lain.

Kampung Mekar Jaya memiliki Organisasi Kepemudaan yang diberi Nama Karang Taruna Mekar Jaya, Berbagai Kegiatan yang telah dijalankan oleh Pemuda dan Pemudi Kampung Mekar Jaya diantaranya Kegiatan Sinoman, Keolah Ragaan (antara lain Jaya Muda FC, Senior dan Yunior Team A, B, C; Persatuan Bulu Tangkis PB. Tangkas, Bola Volly, Tennis Meja dll ), Kelompok Tari, dan lain-lain. Namun sungguh di sayangkan berbagai kegiatan tersebut masihlah sangat minim dalam hal baik Sarana dan Prasarana maupun Peningkatan SDM melalui Diklat-diklat masih jauh dari cukup sehingganya banyak Potensi Pemuda yang tidak dapat disalurkan dengan baik.

Sebahagian Masyarakat mengembangkan Kewirausahaan dalam Bidang Agrobisnis berbudidaya Sayur mayur dan juga berternak ternak kecil maupun besar dalam skala kecil menengah, selain sebagai hoby juga sebagai pengisi waktu luang mengingat sumber pendapatan Mayoritas Masyarakat dari Pekebun Tanaman Karet yang waktu kerja hanya separuh hari sehingga cukup menjanjikan untuk menambah penghasilan ekonomi keluarga.

Dan di tahun 2016 tepatnya pada tanggal 2 Agustus 2016 masa jabatan Kepala Kampung divinitif pertama telah berakhir dengan meninggalkan berbagai prestasi pembangunan dan peningkatan hampir di segala bidang. Selanjutnya dikarenakan Kebijakan Pemerintah Pusat untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Kampung Serentak, maka untuk mengisi kekosongan Kepala Kampung Mekar Jaya ditunjuk Penjabat Kepala Kampung dari Staff Kecamatan, beliu adalah Bapak SUDARWO yang telah melaksanakan / meneruskan program kerja Pemerintah Kampung sebelumnya beliu menjabat TMT 2 Agustus 2017 s.d 10 Nopember 2017 dan Tugas utama PJ Kepala Kampung adalah melaksanakan Pemilihan Kepala Kampung periode ke-2 semenjak Pemekaran Kampung Mekar Jaya.

Pemilihan Kepala Kampungpun dilaksanakan secara serentak se-Kabupaten Tulang Bawang pada tanggal, 18 September 2017 dan terpilihlah Calon Kepala Kampung Periode 2017-2023 yaitu Bapak YUSWAN SETIVANUS yang berlatar belakang Karyawan Perusahaan dari kalangan Muda yang mungkin diharapkan oleh warga masyarakat menjadi Pemimpin yang energik dan berdisiplin tinggi untuk mempercepat pembangunan di Kampung Mekar Jaya. Pelantikan telah dilaksanakan pada tanggal 10 Nopember 2017, setelah pelantikan dilanjutkan dengan Serah Terima Jabatan Kepala Kampung dari PJ Bapak SUDARWO ke pada Bapak YUSWAN SETIVANUS pada tanggal 16 Nopember 2017 di Kampung Sumber Makmur serentak se- Kecamatan Banjar Margo.

Setelah Syah menjandi Kepala Kampung mulailah beliu berbenah dengan target awal Pembenahan Perangkat Kampung maka pada tanggal 18 Nopember 2017 di keluarkan SK Pengangkatan Perangkat Kampung dan pada tanggal 20 Nopember 2017 dilaksanakan Rapat Perdana yang membahas tentang Pembagian Tugas Perangkat Kampung dan penyampaian Program Kerja antara lain :

  1. Pembenahan Perangkat Kampung untuk Meningkatkan Pelayanan dan Pembangunan Kampung yang Transparan dan Akuntabel
  2. Percepatan Pembangunan Insfrakstruktur sebagai Pendukung peningkatan perekonomian warga masyarakat
  3. Peningkatan Lapangan Kerja masyarakat melalui penumbuhan industri-industri kecil masyarakat
  4. Peningkatan SDM masyarakat melalui Pendidikan Dasar dan Lanjutan
  5. Pengoptimalan Badan Usaha Milik Kampung (BUMKAM) yang produktif
  6. Pemanfaat ADK dan DK yang tepat sasaran dan berdaya guna bagi masyarakat
  7. Pengoptimalan asset-asset Kampung untuk kesejahteraan warga masyarakat
  8. Pembenahan Bantuan kepada Masyarakat Miskin baik melalui program BPJS/KIS, KIP, PKH dan lain-lain agar lebih tepat sasaran
  9. Pendataan dan Penataan Asset-asset Kampung melalui regulasi dan Legalitas Asset Kampung
  10. Serta melanjutkan Program Kerja Kepala Kampung sebelumnya yang di pandang masih relevan dalam kondisi saat ini.

NAMA-NAMA DEMANG/LURAH/KEPALA KAMPUNG
SEBELUM DAN SESUDAH BERDIRINYA KAMPUNG MEKAR JAYA

No Periode Nama Kepala KAMPUNG Keterangan
1 1977 – 1983 KANDAR PENGASUH TRANS (KP. PURWAJAYA)
2 1983 – 1985 ANSYORI KP. PURWAJAYA
3 1985 – 1991 TAMBUNAN KP. PURWAJAYA
4 1991 – 1999 ABDUL RAHMAN KP. PURWAJAYA
5 1999 – 2005 DJASMAN KP. PURWAJAYA
6 2005 – 2009 DJASMAN KP. PURWAJAYA
7 2009 – 2010 SURANI YUNI PRIANTO PLT PEMEKARAN MEKAR JAYA
8 2010 SUHADI PLT PEMILIHAN KAKAMP MJ
9 2010 – 2016 Drs. ARDIANSYAH KAKAM MEKAR JAYA DIVINITIF
10 2016 – 2017 SUDARWO PJ. KEPALA KAMPUNG
11 2017 – SEKARANG YUSWAN SETIVANUS KEPALA KAMPUNG MEKAR JAYA