Deklarasi ODF (Open defecation free) kecamatan banjar margo

Mekar Jaya 16 November 2018, Deklarasi ODF Kecamatan Banjar Margo di laksanakan di Kampung Purwajaya Kecamatan Banjar Margo, di hadiri Seluruh Kepala Kampung Se Kecamatan Banjar Margo, Bidan Desa Se Kecamatan Banjar Margo, Dinas Kesehatan, Anggota Kepolisian Dan Istanti-Instansi terkait.

Peserta Deklarasi Menyayikan Lagu Kebangsaan “INDONESIA RAYA”

Dalam Deklarasi ODF (Open defecation free)   tujuan dari deklarasi ODF (Open defecation free)  adalah untuk merubah prilaku hidup sehat tanpa buang air besar di sembarang tempat. Selain itu  masyarakat juga harus ikut andil dalam menjaga kebersihan lingkungan dan wilayahnya masing-masing dengan tidak membuang sampah ke sungai dan Buang air besar di sungai.

Penyerahan Dokumen Deklarasi ODF (Open defecation free) kecamatan banjar margo,

Dengan ini mustahil tanpa adanya dukungan dan keterlibatan masyarakat dan juga Kepala Kampung, Aparatur Kampung dan Kader STMB  diseluruh Kecamatan Banjar Margo  untuk mewujudkan  bebas dari ODF.

Deklarasi ODF Bersama Kepala Kampung dan Kader STBM Se kecamatan Banjar Margo

 

Kepala Dinas Kesehatan menyampaikan, perlunya kesadaran masyarakat dari tiga komponen untuk mendukung program Open Defecation Free (ODF). Tiga kompenen yang dimaksud meliputi peran pemuda sebagai generasi bangsa, peran kelompok perempuan dalam melakukan sosialisasi kepada para ibu-ibu. Dan yang terakhir, kelompok organisasi sosial kemasyarakatan untuk ikut andil menyampaikan dampak lain yang akan di derita jika sering melakukan BAB di sembarang tempat.

Deklarasi ODF Bersama Kepala Kampung dan Kader STBM Se kecamatan Banjar Margo
Deklarasi ODF Bersama Kepala Kampung dan Kader STBM Se kecamatan Banjar Margo
Deklarasi ODF Bersama SekCam, Kepala Dinas Kesehatan, Kepolisian, TNI

Ini sebagai momen untuk masyarakat agar mencintai kebersihan dengan tidak melakukan buang air besar sembarangan. dengan itu mengharapkan ke depan bisa berkurang dan mempunyai jamban di setiap rumahnya. Perlu dukungan dari masyarakat, pemerintah Kampung dan pemerintah Kabupaten. Diupayakan strategi agar menciptakan sanitasi yang layak dan penyediaan air bersih. Dengan perubahan perilaku hidup bersih dan sehat mewujudkan desa menuju STBM ( Sanitasi Total Berbasis masyarakat).

About mekarjaya 112 Articles
Admin Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan