Peningkatan pelayanan samsat kabupaten tulang bawang menuju pelayanan prima

Mekarjaya.desa.id |4 oktober 2018| Samsat kabupaten tulang bawang sebagai kantor pelayanan pajak kendaraan bermotor yang ada di kabupaten tulang bawang dari tahun ke tahun berupaya memperbaiki kualitas pelayanan terhadap masyarakat, hal ini tentunya berkat instruksi dari stackholder Pemerintah daerah dalam rangka peningkatan pendapatan daerah melalui sektor pajak.

Kantor Samsat tulang bawang dari belakang

Berikut hasil penelusuran penulis sambil membayar pajak, prosedur awal adalah menyiapkan semua kelengkapan pajak seperti BPKB asli, STNK asli dan KTP asli dokumen tersebut kemudian di foto Copi dan di masukan dalam map pendaftaran yang telah di sediakan di tukang foto Copi yang berada di belakang kantor Samsat.

Masyarakat sedang mengantri di loket pendaftaran

Setelah semua telah siap selanjutnya masukan ke loket pendaftaran untuk di periksa dan di berikan blangko pendaftaran jika pajak biasa akan mendapat satu blangko namun jika ganti plat maka akan dapat 2 blangko. Isilah blangko tersebut sesuaikan dengan data yang ada di STNK maupun di BPKB, selanjutnya jika tidak ganti plat masukan kembali ke loket pendaftaran untuk di berikan nomor urut pendaftaran untuk antrian pembayaran ke bank dan pengambilan berkas pajak.

Gedung bagian pencetakan plat nomor kendaraan

Namun jika pajak tersebut ganti plat maka lanjutkan ke cek fisik kendaraan berupa identifikasi nomor rangka dan nomor mesin, bawa hasilnya ke loket cek fisik untuk di identifikasi kondisi kendaraan mulai dari kelengkapan kendaraan, sistem kelistrikan hingga sistem keamanan seperti rem, spion dan lain-lain, setelah mendapat validasi dari bagian fisik selanjutnya masukan ke loket penomoran dan di lanjutkan ke loket pembayaran Plat nomor dan biaya STNK setelah semua selesai masukan kembali ke loket pendaftaran untuk di ganti dengan nomor urut antrian.

Ruang pengisian formulir/blangko pendaftaran pembayaran pajak kendaraan

Setelah itu tinggal menunggu proses yang pertama nunggu antrian pembayaran pajak di loket bank Lampung, setelah mendapat panggilan siapkan uang pas untuk mempercepat proses pembayaran dan di loket tersebut akan mendapatkan tanda terima pembayaran, selanjutnya proses akhir menunggu proses pencetakan bukti pembayaran asli dan pengecapan STNK setelah selesai akan di panggil oleh petugas penyerahan berkas dan proses pun selesai.

Loket pembayaran pajak kendaraan bank lampung

Fasilitas yang ada di Samsat pun sekarang ini sudah cukup baik mulai dari adanya ruang tunggu yang cukup nyaman walau ruang belum mampu menampung pengunjung yang akan membayar pajak, meja pengisian formulir atau blangko juga tersedia walau terkadang alat kurang karena pena sering ke bawa oleh pengunjung, ruang baca tersedia bermacam buku walau jumlahnya masih terbatas, ruang menyusui bagi ibu-ibu yang membawa balita, MCK walau letaknya kurang strategis karena berada di dalam adanya banner-banner petunjuk prosedur pembayaran pajak dan fasilitas lainnya walau masih kurang maksimal namun sudah mempresentasikan keseriusan Samsat dalam peningkatan pelayanan terhadap masyarakat.

Ruang tunggu pembayaran pajak kendaraan

Itulah potret pelayanan samsat kabupaten tulang bawang di tahun 2018 semoga kedepannya Samsat dapat lebih meningkatkan mutu pelayanan nya sehingga dengan pelayanan prima, maka antusias masyarakat untuk membayar pajak dapat meningkat sehingga PAD tulang bawang dapat meningkat salah satu upaya yang dapat di lakukan adalah pemangkasan birokrasi yang masih terkesan rumit dan imige masyarakat bayar pajak selalu di persulit agar dapat di hilangkan saya yakin kedepannya PAD tulang bawang akan meningkat signifikan.

Ruang tunggu pengambilan bukti pembayaran pajak

Masukan untuk perbaikan Samsat kedepannya :

  1. Pangkas birokrasi agar waktu pembayaran pajak dapat lebih singkat hingga gambaran waktu yang tertera di papan informasi dapat terealisasi;
  2. Persyaratan pembayar pajak harus yang bersangkutan langsung agar di tinjau ulang, karena pemilik kendaraan bermacam-macam latar belakang;
  3. Aturan kiranya jangan terlalu kaku sekiranya ada kekurangan berkas yang bersifat tidak terlalu urgen kiranya dapat fleksibel;
  4. Secara periodik dan terjadwal kiranya diadakan pemutihan agar kendaraan yang telah mati pajaknya dapat kembali menghidupkan kembali pajak kendaraannya;
  5. Adanya pajak progresif memicu masyarakat untuk tidak mau mengurus BBN, kiranya dapat di tinjau ulang;
  6. Prosedur pengurusan mutasi kiranya dapat di permudah.

Itulah beberapa masukan kiranya bisa menjadi bahan pertimbangan dalam kebijakan kedepannya demi peningkatan PAD kabupaten tulang bawang.

By Sugiono

About mekarjaya 112 Articles
Admin Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan