Pelatihan fasilitator stbm dalam rangka menuju kampung odf

Mekarjaya.desa.id | 26 September 2018 | sanitasi total berbasis masyarakat merupakan program pemerintah dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan budaya hidup sehat, sebagai bentuk keseriusan pemerintah akan program ini pembentukan kader-kader STBM di semua kampung sebagai ujung tombak keberhasilan program ini, selanjutnya para kader STBM dan perangkat di berikan pelatihan cara pembuatan alat-alat pendukung STBM ini. Pada kesempatan kali ini kampung mekar jaya mendapatkan giliran pelatihan tersebut, acara ini di hadiri oleh Bapak Evra Purwanto kepala Puskesmas Penawar Jaya, Bapak Hamzah perwakilan dari kodim, Bapak Salahudin perwakilan dari dinas kesehatan kabupaten tulang bawang tim UPTD Puskesmas penawar jaya dan kader STBM serta perangkat kampung mekar jaya.

Bapak Yuswan Setivanus, Evra Purwanto, Hamzah dan Bapak Saladin

Dalam kesempatan tersebut kepala kampung berpesan agar seluruh kader dapat kompak bergerak agar target deklarasi odf dapat tercapai. Sementara kepala puskesmas mengingatkan bahwa STBM bukan hanya jamban namun masih banyak yang lainnya oleh karenanya tugas kader STBM bukan hanya masalah jamban namun masih banyak yang lain seperti penanggulangan sanitasi, limbah cucu pakaian, piring dan lainnya. Dan dari kodim 0426 yang di wakili oleh Bapak Hamzah beliau berpesan agar kiranya warga masyarakat tidak hanya menengadahkan tangan saja namun dapat berupaya secara mandiri dalam menciptakan STBM di kampung, oleh karenanya kerja sama antar lembaga dan organisasi sangat di butuhkan dalam hal ini beliau mengharapkan agar Babinsa dapat di libatkan dalam semua kegiatan yang ada di kampung.

Peserta pelatihan fasilitator STBM terdiri dari kader STBM dan perangkat kampung

Bapak Saladin dari dinas kesehatan kabupaten tulang bawang (kasi kesehatan lingkungan) dalam kesempatan ini mengatakan bahwa kewajiban kesehatan lingkungan adalah tanggung jawab seluruh warga masyarakat oleh karenanya kader STBM agar dapat mengubah mainset masyarakat agar kaitan kesehatan Lingkungan tidak terlalu berharap kepada pemerintah karena keterbatasan anggaran pemerintah tentunya menjadi masalah klasik yang menjadi kendala. Oleh karenanya kemandirian masyarakat dalam menyikapi permasalahan kesehatan lingkungan harus mulai di tanamkan kepada warga.

Peserta pelatihan mendengarkan penjelasan-penjelasan dari narasumber

Setelah acara pemaparan permasalahan berkenaan dengan sanitasi total berbasis masyarakat dilaksanakan, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan penggunaan alat pencetak bsanitasi diantaranya adalah cetakan tong sampah yang bisa di aplikasikan untuk berbagai keperluan diantaranya cincin sumur, gorong-gorong, sepitank, pot tanaman, kolam lele dan lain-lain, cetakan saluran pembuangan, cetakan closed. Semua di praktekan oleh seluruh peserta dengan harapan semua peserta dapat membuat peralatan sanitasi untuk dirinya dan untuk di tularkan keseluruhan warga masyarakat.

Para peserta dan pendamping sedang praktek buat cetakan sampah
Para peserta sebagian membuat adonan semen untuk di cetak

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memicu semangat dan membangkitkan kemauan seluruh kader STBM sehingga target bulan Oktober siap deklarasi kampung odf dapat tercapai.

About mekarjaya 112 Articles
Admin Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan