Serba Serbi Kemah Giat Prestasi Kwaran Banjar Margo

Mekarjaya.desa.id |22 September 2018| Hari kedua Kemah yang dilaksanakan di Kampung Mekar Jaya, telah di warnai dengan berbagai momen-momen yang menjadi cerita tersendiri bagi peserta kemah maupun yang berkecimpung di dalamnya. Momen atau kejadian tersebut tentunya akan berbekas berbeda bagi setiap orangnya bisa saja itu akan menjadi kenangan di masa yang akan datang yang tak akan pernah terlupakan, untuk itu penulis coba kumpulkan berbagai momen yang unik agar menjadi salah satu pelengkap cerita kemah giat prestasi yang dilaksanakan oleh kwaran Banjar Margo di Kampung Mekar Jaya.

Ketua Kwaran Banjar Margo, Perwakilan KPU Tulang Bawang dan Perwakilan Banwaslu Kecamatan Banjar Margo
Peserta kemah untuk tingkat SLTA

Mungkin ini kali pertama acara perkemahan Pramuka di sisipkan dengan acara Materi berkenaan dengan Pemilihan Umum, salah satu yang di luar agenda adalah adanya acara sosialisasi pemilih pemula dalam rangka pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan legislatif. Hal ini tentunya sah-sah saja karena memang untuk memperluas jangkauan sosialisasi KPU sangat di butuhkan mengingat angka pemilih pemula tentunya bukan angka yang kecil jika tidak sedini mungkin di sosialisasi kan tentunya akan berdampak pada kesalahan persepsi dalam menyikapi perkembangan politik. Selain sosialisasi dari KPU dari Panwas juga turut memberikan sosialisasi berkenaan dengan aturan dan pelanggaran-pelanggaran pemilu hal ini juga sebagai bentuk pembelajaran dunia politik bagi pemilih pemula, semoga banyak manfaat yang bisa di ambil dari materi Pramuka yang kurang lazim ini. Unik gak…..

Kegiatan materi kepramukaan dilaksanakan di bawah pepohonan albasia

Rindangnya pepohonan albasia di seputaran lapangan yang menjadi lokasi perkemahan di jadikan sebagai tempat pemberian materi-materi kepramukaan, semilir nya angin sepoi-sepoi memberikan suasana yang nyaman bagi peserta ketika memperhatikan dan mengikuti penyampaian materi dari kakak-kakak pembina terkadang sampai ada yang terlelap karena lelah setelah seharian beraktivitas, santai namun serius asik bukan.

Ibu-ibu TP-PKK Mekar Jaya selaku tuan rumah pun turut serta meramaikan kegiatan perkemahan dengan berpose bersama kakak-kakak pembina

Sebagai tuan rumah perkemahan Kampung Mekar Jaya ikut andil dalam kesuksesan acara perkemahan ini, salah satu wujud nya adalah dengan menurunkan hampir semua kelembagaan yang ada di kampung mulai dari aparatur, BPK, LPMK, Linmas, Karang Taruna tak ketinggalan PKKnya, dengan tugas sesuai dengan tupoksinya masing-masing yang pasti kampung adalah panitia luar perkemahan dengan tugas mendukung suksesnya acara. Sungguh suasana yang luar biasa kekompakan dan kepedulian yang harus di garis bawahi sebagai sesuatu yang sulit kita dapati di zaman sekarang ini.

Peserta kemah makan seadanya dan alakadarnya belajar hidup sulit

Yang unik lagi kemah sekarang tidak lagi sama dengan zaman dulu, dimana untuk keperluan makan peserta harus memasak sendiri, menggunakan perlengkapan yang sangat minim dengan pepatah tiada rotan akar pun jadi, lah kemah zaman now peralatan masak bawa kompor, sayur dan lauk pauk dah mbekal dari rumah terkadang malah ada yang ketring. Keluarga mengunjungi setiap hari, uang jajan tak pernah telat, ada yang hilang dari esensi kemah Pramuka itu menjadi tugas kakak-kakak pembina bagaimana kedepannya dengan kegiatan kepramukaan pembentukan karakter diri seperti pola hidup sehat, hemat, pantang menyerah, peduli, setia kawan, mandiri dan bertaqwa kepada Tuhan YME itu bisa kita dapatkan dari kegiatan seperti ini.

Lomba kreativitas tangan berupa lomba layang-layang

Berbagai perlombaan kreativitas mulai ketangkasan, pengetahuan hingga kerajinan tangan salah satunya adalah lomba pembuatan layang-layang dengan penilaian mulai proses hingga diterbangkan menjadi penilaian. Berbagai bentuk dan motif yang di hasilkan dan serentak diterbangkan ditengah lapangan menjadi pemandangan sore hari yang mengasikkan.

Api unggun menyala menghangatkan suasana malam perkemahan

Pada malam harinya di lanjutkan dengan acara api unggun yang di isi dengan berbagai atraksi dari peserta kemah, berbagai kreasi di tampilkan mulai dari pentas drama, ketangkasan dan lainnya. Tepat pukul 21.00 WIB api unggun dinyalakan dengan di awali penyalaan beberapa petasan memecah keheningan malam, api unggun pun menyala menghangatkan suasana diiringi teriakan dan canda tawa dari seluruh peserta dan pengunjung.

Tim keamanan Linmas, pemuda di dampingi babhinkamtibmas bapak gede sujana
Para pemuda membersihkan sisa-sisa makanan dan minuman para pengunjung

Sementara disisi lain dengan adanya acara perkemahan ini membawa Rezki bagi sebagian warga yang berdagang berbagai kuliner, yang di sediakan oleh panitia dari karang taruna dengan sewa lapak serta restribusi kebersihan dan keamanan serta parkir diharapkan dana yang didapat menjadi pendapatan kas karang taruna untuk kegiatan karang taruna kedepannya.

About mekarjaya 112 Articles
Admin Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*