Percepatan Pembangunan Kampung Mekar Jaya Melalui Alokasi Dana Kampung (ADK) Tahun 2018

Alat berat Buldozer sedang melaksanakan tugas membuka jalan produksi

Mekarjaya.desa.id |20 September 2018| Memasuki pertengahan bulan September 2018 kondisi musim kemarau di perkirakan akan segera berganti menjadi musim penghujan, ini dapat dirasakan akhir-akhir ini sudah mulai turun hujan walau dengan intensitas dan frekuwensi yang masih sangat rendah, namun kondisi ini tentunya sangat mengkwatirkan bagi Kampung Mekar Jaya mengingat salah saty rencana pembangunan yang belum terealisasi adalah pembukaan akses jalan produksi yang akan menggunakan alat berat. Jika sampai pada saatnya pembangunan itu terlaksana setelah masuk musim penghujan tentunya banyak kendala yang akan dapat menghambat pembangunan tersebut.

Bapak Kepala Kampung Mekar Jaya Bapak Yuswan Setivanus sedang tinjau lokasi pembukaan jalan produksi

Oleh karenanya Kepala Kampung Mekar Jaya Bapak Yuswan Setivanus berfikir ekstra bagaimana caranya agar kegiatan tersebut segera dapat di realisasikan sebelum musim penghujan tiba, mengingat sampai dengan detik ini kabar kapan pencairan ADK Tahap Pertama akan turun belum juga ada kepastian walau pengajuan tahap pertama telah di ajukan beberapa Minggu  yang lalu. Melihat kondisi tersebut akhirnya Kepala Kampung mengumpulkan Perangkat Kampung dan Tokoh-tokoh Masyarakat hingga di simpulkan akan mempercepat pembangunan jalan produksi melalui dana talangan dari pihak ketiga yang tidak mengikat. Dan alhamdulillah dana tersebutpun di dapat, maka segeralah Kepala Kampung yang di dampingi wakil ketua BPK dan Tokoh masyarakat untuk mencari alat berat walau harus mendatangkan dari Bandar Lampung dan tepatnya pada hari Senin, 17 September 2018 Kegiatan Pembangunan Pembukaan jalan produksi dapat di mulai.

Masyarakat turut serta mengawasi kegiatan pembangunan pembukaan jalan produksi

Pada tahap awal pembukaan jalan produksi di mulai dari wilayah RK 3 yang menembus ke arah Tiuh Indraloka Mukti Kecamatan Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat dengan panjang kurang lebih 2 Km dan dalam waktu sekitar 3 sampai 4 hari di perkirakan jalan tersebut akan selesai dan di lanjutkan pembukaan jalan produksi wilayah RK 4 atau Umbul-5 yang akan menembus ke arah RK 2 atau Umbul-Timun dengan panjang sekitar 1,5 – 2 Km dilanjutkan dengan pembukaan jalan pemukiman baru sekitar 500 meter yang berlokasi di wilayah RT.1 RK.1 jika dana mencukupi.

Buldozer sedang mengerjakan jalan produksi menuju Tiuh Indraloka Mukti

Pembukaan jalan produksi ini adalah tanah hasil swadaya murni masyarakat yang menghibahkan sebagian tanahnya untuk jalan, jika di kalkulasikan nilai swadaya masyarakat adalah sebagai berikut 8×2.000 meter = 16.000 M2, 6×1.500 meter = 9.000 M2, 4×500 meter = 2.000 M2 total 27.000 M2 jika di uangkan di asumsikan saja harga per meter tanah rata2 Rp. 15.000,-/meter maka sudah bernilai Rp. 405 juta. Dengan kampung menganggarkan dana Rp. 100 juta masyarakat mampu bersuara ya empat kali lipatnya sungguh luar biasa kesadaran masyarakat Mekar Jaya, patutlah kita apresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada masyarakat yang telah secara sukarela menghibahkan tanahnya.

Hasil pekerjaan Buldozer lahan karet menjadi jalan selebar 8 meter

Harapan sebagian besar masyarakat kiranya program pembukaan jalan produksi tidak hanya berhenti sampai di sini tapi dapat berkelanjutan sehingga kedepannya tidak ada lagi masalah tentang kesulitan mengeluarkan komoditi hasil usaha pertanian masyarakat. Jika hal itu dapat terwujud setidaknya dua manfaat besar yang akan di peroleh yang pertama perekonomian masyarakat akan dapat meningkat kedua memungkinkan perluasan wilayah pemukiman mengingat semakin kedepan jumlah warga tidak semakin berkurang namun semakin meningkat.

Selain dari pada itu, dengan tingginya tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan di harapkan dapat meningkatkan perhatian Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat sehingga Program-program yang ada dapat masuk ke Kampung Mekar Jaya. Dengan masuknya program-program Pemerintah tentunya muaranya adalah peningkatan ekonomi kampung dan secara tidak langsung akan diikuti peningkatan kesejahteraan masyarakat, tersedianya fasilitas pendidikan, kesehatan yang layak dengan demikian peningkatan SDM masyarakat akan segera dapat terwujud. Hasil akhir yang di harapkan visi Kampung untuk menciptakan kampung Mekar Jaya menjadi kampung mandiri melalui sektor pertanian dan perkebunan serta industri kecil akan dapat segera terwujud.

About mekarjaya 112 Articles
Admin Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan