Rapat Sosialisasi Penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kampung Mekar Jaya Tahun 2018

Mekarjaya.desa.id |18 September 2018| untuk kesekian kalinya Warga Masyarakat calon penerima program bantuan dari Kementrian Perumahan Rakyat melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) melaksanakan rapat atau musyawarah dan untuk kali ini mengagendakan sosialisasi BSPS yang di isi oleh Pendamping Program. Dalam pertemuan ini di hadiri oleh 3 orang pendamping yang akan menjelaskan teknis dari program BSPS yang selama ini masih asing dan masyarakat biasa menyebutnya sebagai program bedah rumah.

Suasana Rapat Sosialisasi Program BSPS

Kurangnya pemahaman masyarakat akan sebuah program akan berdampak pada salah presepsi yang pada akhirnya akan membentuk pola pikir yang keliru, begitupun dengan program BSPS yang akan di terima Warga masyarakat Kampung Mekar Jaya, sebagian besar masyarakat menganggap program ini adalah bantuan bedah rumah layaknya yang sering di lihat di tayangan televisi dimana rumah akan di bongkar habis dan di bangun baru lengkap dengan semua perabot dan isi rumahnya, namun begitu di sampaikan bahwa besaran dana yang akan di terima dengan nominal lima belas Juta rupiah banyak masyarakat yang awalnya kecewa dan mundur untuk menerima bantuan tersebut.

Kepala Kampung dan 3 Pendamping Program serta Wakil Ketua BPK Mekar Jaya

Kondisi itulah yang sering terjadi di dalam mainset masyarakat, namun karena program ini merupakan program perdana untuk Kabupaten Tulang Bawang oleh karenanya Kepala Kampung Bapak Yuswan Setivanus berkomitmen agar program ini dapat terus berjalan akhirnya melalui pertemuan-pertemuan yang secara intensif dilakukan serta pendekatan-pendekatan melalui penjelasan Alhamdulillah sebagian masyarakat dapat menerima dan melanjutkan walau sebagian masih bertahan tidak melanjutkan dengan berbagai alasan. Karena kuota yang diterima Kampung Mekar Jaya sebanyak 50 unit maka Kepala Kampung dan Perangkat berupaya untuk mencarikan pengganti, setelah berupaya secara maksimal akhirnya kuotapun dapat terpenuhi.

Para calon penerima bantuan program BSPS mendengarkan penjelasan dari narasumber

Sampai pada saat ini kuota sudah terpenuhi sebanyak 50 calon penerima bantuan program BSPS. Pada acara sosialisasi program BSPS pendamping setelah menjelaskan teknis secara gamblang kemudian pendamping membentuk kelompok penerima dan terbentuklah menjadi 3 kelompok masing-masing beranggotakan kelompok 1 sebayak 15 orang, kelompok 2 sebanyak 20 orang dan kelompok 3 sebanyak 15 orang dengan pola calon rumah yang saling berdekatan. Setelah terbentuk kelompok selanjutnya pemilihan Ketua, Sekretaris dan Bendahara di bentuk untuk setiap kelompoknya, menunjuk seorang tukang dimana setiap tukang bertanggung jawab terhadap selesainya 4 unit rumah.

Pendamping program membagi calon penerima bantuan menjadi 3 kelompok yaitu kelompok Mekar Jaya 1,2 dan 3

Setiap Pengurus Kelompok mengkoordinir anggotanya mulai awal penyusunan proposal hingga pelaporannya yang akan di bantu pendamping program sehingga dalam pertanggungjawaban nya setiap penerima melaporkan hasilnya baik secara administratif dan dokumentasi fisiknya, dan untuk kelengkapan proposal di berikan waktu hingga akhir bulan September 2018 setelah jadi nantinya proposal akan di kirim ke dinas terkait hingga sampai ke Kementerian, setelah di ferifikasi dan di evaluasi nantinya akan keluar Surat Keputusan Penerima Bantuan Program yang akan di susul dengan pembukaan rekening bagi penerima dan rekening tukang dalam hal ini melalui Bank BNI selaku Bank yang ditunjuk atau menerima Tangerang program ini.

Setiap Kelompok penerima bantuan bermusyawarah memilih Ketua, Sekretaris dan Bendahara

Dan di perkirakan kegiatan pembangunan akan dapat di mulai di pertengahan bulan Oktober dan harus selesai bangunan fisik sekaligus pelaporannya di bulan Desember 2018. Dengan demikian waktu yang dimiliki sangatlah singkat oleh karenanya pendamping berpesan agar seluruh calon penerima dapat bekerjasama dan kompak agar program dapat selesai sesuai waktu yang di berikan mengingat program bini adalah program percepatan yang durasi waktunya hanya 4 bulan.

Lebih dari 90% calon penerima bantuan program BSPS dapat mengikuti sosialisasi

Demikianlah program BSPS ini cukup rumit, menyita banyak waktu, pemikiran, tenaga bahkan biaya, namun tujuan utamanya adalah upaya Pemerintah Pusat untuk sedikit membantu masyarakat untuk dapat memiliki hunian atau rumah layak huni yang memiliki kriteria rumah layak huni dan sehat kecil memang jika dilihat nominal nya namun jika di kalikan jumlah penerima tentu ini anggaran yang cukup besar dalam skala nasional oleh karenanya di harapkan dapat tepat sasaran dan tepat guna, karena harapan dari Pemerintah Kampung ini bukan program bantuan pertama dan terakhir namun kedepannya dapat berkelanjutan hal ini mungkin akan dapat terwujud mana kala program perdana ini dapat sukses.

About mekarjaya 112 Articles
Admin Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan