Penantian Panjang Perbaikan Jaringan PLN Kampung Mekar Jaya

Petugas dari PLN sedang melakukan pemasangan tiang listrik tegangan tinggi di depan kantor Kampung Mekar Jaya

Mekarjaya.desa.id | 10 September 2018 | Perkembangan pembangunan di berbagai bidang yang telah dan akan dilaksanakan di Kampung Mekar Jaya terasa belum sempurna mana kala pelayanan dasar dalam bidang sumber energi dalam hal ini listrik masih dirasakan oleh masyarakat belum maksimal mengingat kebutuhan akan listrik sekarang ini adalah kebutuhan pokok yang sudah tidak bisa di tawar lagi, disisi lain kebijakan Pemerintah yang menarik subsidi listrik yang bertujuan penghematan anggaran negara untuk di alihkan untuk pembangunan infrastruktur jalan dan insfrakstruktur lainnya memang sangat di butuhkan untuk percepatan pembangunan, oleh karenanya masyarakat juga memiliki hak untuk pelayanan yang terbaik berkaitan pemenuhan kebutuhan listrik terutama voltase yang selama ini membuat gerah masyarakat karena kerusakan peralatan listrik banyak di sebabkan karena dropnya voltase.

Petugas dari PLN sedang melakukan pemasangan tiang listrik tegangan tinggi di depan kantor Kampung Mekar Jaya. Dok. Sugiono

Dan kejadian ini juga terjadi di Kampung Mekar Jaya terutama di salah satu suku yaitu suku 4 atau lebih di kenal dengan umbul lima, sudah beberapa tahun jaringan listrik disini diadakan secara swadaya baik pengadaan tiang maupun jaringan kabel TR, dan hanya sebagian saja yang sudah menggunakan tiang beton sebagian besar berupa pipa besi, bambu dan kayu yang tentu saja mudah lapuk sehingga tidak sedikit kabel yang terlalu rendah sehingga cukup membahayakan.

Pemasangan kabel tegangan tinggi di sekitar tugu buah naga.doc. Akif

Selain dari pada itu jarak gardu listrik atau travo induk yang terlalu jauh membuat voltase sering drop terutama di jam-jam puncak beban pukul 18.00 hingga pukul 21.00 WIB jangan kan menyalakan TV lampu pun terkadang sering redup. Keluhan-keluhan ini sering di sampaikan kepada Pemerintah Kampung, sehingga Kampung mengajukan proposal-proposal yang ditujukan kepada PT. PLN dan sudah beberapa kali namun karena keterbatasan kuota atau faktor yang lain hal itu belum juga terealisasi.

Bapak Busri menunjukkan kondisi kabel yang sangat rendah membahayakan bagi warga. Doc. Sugiono

Dan pada tahun 2018 Melalui Kepala Kampung yang baru yaitu Bapak Yuswan Setivanus memiliki koneksi dengan pihak-pihak yang berkompeten dan mengajukan proposal kembali dan Alhamdulillah proposal tersebutpun akhirnya terkabul pada tahun ini. Perbaikan jaringan listrik untuk Kampung Mekar Jaya terealisasi berupa penambahan tiang listrik tegangan tinggi yang menghubungkan suku 1 hingga suku 4 dan tiang tegangan rendah untuk beberapa gang serta penambahan 2 gardu listrik Insyallah juga akan terpasang salah satunya telah terealisasi di suku 1.

Terlihat salah satu petugas PLN sedang berada diatas tiang untuk memasang baja penahan kabel. Doc. Akif

Pemasangan tiang telah di lakukan pada bulan Agustus dan beberapa hari yang lalu pemasangan kabel tegangan tinggi sudah mulai dilakukan dan pada hari Sabtu tanggal 8 September 2018 telah selesai tinggal menghubungkan dengan kabel tegangan tinggi yang telah ada, dibutuhkan waktu sekitar 3 hari untuk pemasangan kabel-kabel tersebut oleh petugas PT. PLN. Dengan pemasangan tiang listrik dan kabel sudah cukup membuat masyarakat tenang dan yakin bahwa listrik di Kampung Mekar Jaya Insyaallah kedepannya akan lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik untuk masyarakat.

Penegangan kabel dengan di tarik mobil pickup. Doc. Akif

Tentunya bukanlah biaya yang kecil yang di keluarkan Pemerintah melalui PT. PLN untuk perbaikan tersebut oleh karenanya sebagai imbal baliknya masyarakat dihimbau agar dapat membayar kewajiban secara rutin dan tepat waktu agar hasil dari itu semua dapat dijadikan untuk membangun jaringan di tempat yang lainnya selain dari pada itu agar masyarakat bijak dalam menggunakan listrik selain menghemat pengeluaran pribadi juga bermanfaat untuk orang lain.

Pemasangan kabel tegangan tinggi akhirnya sampai juga di tiang terakhir. Doc. Akif

Itulah beberapa manfaat dari perbaikan jaringan listrik untuk berbagai pihak yang berkepentingan, semoga dengan ketaatan kita dalam membayar kewajiban kita jangkauan listrik bisa menjangkau di seluruh wilayah Indonesia.

By sugiono

About mekarjaya 112 Articles
Admin Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan