Peringatan kemerdekaan republik indonesia ala kampung mekar jaya

Ekspresi peserta panjat pinang dalam berusaha menaklukkan pinang

Mekarjaya.desa.id, 17 Agustus 2018 | Keberagaman etnis budaya berdampak pada keberagaman cara dan kebiasaan dalam merayakan suatu hari kemenangan itu pula yang sedang gelar oleh masyarakat kampung Mekar Jaya yang di koordinir pemuda pemudi yang tergabung dalam wadah karang taruna Cakra Mahardika.

Start sepeda hias dari gapura batas kampung mekar jaya.
Lomba memindahkan air dengan piring secara estafet.

Adalah kampung Mekar Jaya yang memperingati hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan republik indonesia dengan sederhana dengan mengadakan aneka perlombaan anak-anak yang di kemas dalam keadaan santai apa adanya dan mengedepankan rasa kebahagiaan dan hiburan bagi warga masyarakat.

Panjat pinang anak-anak.

Perayaan di mulai setelah acara upacara bendera merah putih tingkat kecamatan diawali dengan pawai sepeda hias dengan mengambil posisi start di gabura batas kampung. Ada puluhan sepeda hias mengikuti acara tersebut yang mayoritas adalah anak-anak yang dikawal ketat oleh jajaran panitia pelaksana yaitu pemuda pemudi karang taruna.

Setelah beberapa kali percobaan tidak berhasil akhirnya dibantu panitia

Setelah mencapai garis finis dilapangkan sepak bola jaya muda FC,, yang sekaligus sebagai lokasi perlombaan diadakan dilanjutkan dengan pendaftaran peserta perlombaan anak-anak. setelah selesai kemudian rehat untuk melaksanakan ibadah sholat Jum’at karena kebetulan adalah hari Jumat.

Ekspresi peserta panjat pinang dalam berusaha menaklukkan pinang

Selepas shalat Jum’at sekitar pukul 13.30wib acara perlombaan pun dimulai mulai dari balap karung, kelereng, memindahkan air dengan piring secara estafet, makan kerupuk diikat pada kaki dan masih banyak yang lainnya. sore hari di tutup dengan panjat pinang anak-anak, menjelang acara panjat pinang berlangsung secara spontan beberapa tokoh masyarakat ingin mengadakan panjat pinang untuk dewasa maka berpatunganlah secara swadaya membeli seekor kambing sebagai hadiahnya

Antusias warga masyarakat yang datang untuk melihat aneka perlombaan anak-anak.
Hadiah utama dan satu-satunya panjat pinang dewasa.

Antusias warga yang datang untuk melihat cukup banyak menandakan bahwa warga masyarakat turut suka cita merayakan kemerdekaan ini.

Para pemuda pemudi membersihkan sampah sungguh pemandangan yang mangharukan.
About mekarjaya 112 Articles
Admin Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan