Langkah Awal Penyusunan APBKam-P Mekar Jaya

Perangkat Kampung dan BPK dalam Rapat Kecil tentang RAPBKam-P Tahun 2018

Mekarjaya.desa.id, 13 Agustus 2018

Kegiatan penyelenggaran di Pemerintahan Kampung yang terbagi dalam 4 bidang diantara nya bidang Penyelenggaraan Kampung, bidang Pembangunan Kampung, bidang Pembinaan Masyarakat dan bidang Pemberdayaan Masyarakat serta Pembiayaan yang terangkum dalam APBKam tahun 2018 kegiatan per itemnya dapat di rubah sekali dalam satu tahun anggaran melalui APBKam-P. Berkenaan dengan hal tersebut Kampung Mekar Jaya mulai merencanakan APBKam-P tahun 2018 mengingat ada beberapa kegiatan yang tidak dapat di realisasikan karena berbagai sebab dan ada juga yang kelebihan dalam penganggaran.

Tahapan perencanaan APBKam-P di mulai dengan pemilahan kegiatan APBKam yang tidak dapat di realisasikan beserta besaran alokasi dananya kemudian di lanjutkan dengan pencermat RKP dan RPJM-Kam tahun 2018, setelah data terkumpul dan di inventarisasi kemudian di lanjutkan dengan Musyawarah Kegiatan Pengganti yang sesuai amanah Perbub Perubahan.

Perangkat Kampung dan BPK dalam Rapat Kecil tentang RAPBKam-P Tahun 2018

Beberapa Kegiatan yang di rencanakan akan di rubah beserta alasan yang mendasari di antara nya adalah :

  1. Kegiatan Pengadaan Ambulance Desa karena intruksi dari Pemkab
  2. Operasional Ambulance Desa karena Pengadaan Ambulance Desa di batalkan
  3. Kegiatan pengadaan buku dan sarana belajar PAUD yang bersumber dari ADK di rubah menggunakan DK
  4. Kegiatan Bantuan Masyarakat Miskin melalui bantuan iuran BPJS karena kesulitan pendaftaran secara kolektif dan penentuan calon penerima sehingga baru dapat di laksanakan pada bulan ini
  5. Kegiatan Bimtek Paralegal kerena sisa hal ini di sebabkan pelaksanaan di lakukan di dalam Kecamatan
  6. Kegiatan Bimtek TTG atau Produk Unggulan Desa karena kesulitan mencari narasumber karena produk unggulan di kampung bervariatif.

Itulah beberapa kegiatan yang akan di rubah dalam APBKam-P tahun 2018, adapun pengadaan ambulance desa akan di gunakan untuk pembangunan infrastruktur jalan dan gorong-gorong serta jembatan mini sedang sisa Bimtek Paralegal dan BPJS dan Bimtek TTG di gunakan untuk Pembangunan Saluran pembuangan embung di wilayah RK 2.

Sedangkan khusus untuk insfrakstruktur jalan produksi telah di awali dengan musyawarah seluruh warga pemilik lahan yang akan di lalui akses jalan produksi mengingat lahan yang akan di buka jalan murni milik warga yang akan di hibahkan kepada pemerintah kampung untuk di bangun jalan. Setelah melalui musyawarah dan lobi-lobi yang cukup alot akhirnya dapat di putuskan bahwa pemilik lahan rela menghibahkan sebagian lahannya untuk jalan yaitu masing- masing selebar 4 meter sepanjang jalan yang di butuhkan, jadi lebar jalan yang akan di buka total sampai tepi luar parit selebar 8 meter.

Musyawarah Perencanaan Pembukaan Akses Jalan Produksi

 

Dan atas dasar hal-hal di atas maka Perangkat kampung dan BPK melaksanakan rapat kecil untuk menindak lanjuti kesepakatan-kesepakatan diatasi sebelum di musyawarahkan dalam Musrenbang Kampung tentang APBKAM-P, adapun keputusan dalam musyawarah kecil tersebut adalah :

  1. Pembukaan akses jalan produksi
  2. Pembangunan jembatan mini
  3. Pembangunan gorong-gorong
  4. Pembangunan saluran pembuangan embung
  5. Pengadaan buku dan sarana belajar PAUD

Dengan nominal anggaran yang akan di bahas lebih lanjut oleh TPK masing-masing, sehingga dalam Musrenbang di harapkan RAB Kegiatan telah selesai.

About mekarjaya 112 Articles
Admin Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan