Pembangunan mushola “nurul fallah” kampung mekar jaya

Mekar Jaya, 26 Maret 2018, Pendirian mushola/masjid adalah pendirian rumah Allah SWT yang hanya bisa dilakukan atas kehendak-Nya dan dilakukan secara bersama-sama (berjamaah), karena kecintaan dan rasa syukur kita kepada-Allah SWT. Allah SWT juga menjanjikan pahala yang besar bagi seseorang yang membangun mushola, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits, “Membantu dan turut serta dalam pembangunan mushola dengan menafkahkan sebagian rizki kita di jalan Allah insya Allah merupakan amalan yang akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT”.

Kepala Kampung Ikut dalam kegiatan membangun Mushola.

Semoga dengan dibangunnya Mushola di Rk 04 Kampung Mekar Jaya Kecamatan Banjar Margo masyarakat muslim, khususnya masyarakat Kampung Mekar Jaya Kecamatan Banjar Margo, dapat merealisasikan kehidupan sebagai seorang muslim yang selalu bertaqwa kepada Allah SWT, bera’mar ma’ruf nahi munkar, saling menasehati dalam kebaikan dan kesabaran, memberikan manfaat bagi komunitas di sekitarnya dan memanfaatkan mushola sebagai tempat belajar dan mengajarkan Al Qur’an dan Sunnah rasul-Nya serta mengenalkan wajah muslim Indonesia.

 

Warga berbondong bondong bahu membahu dalam membangun mushola.

Di zaman Rasulullah Saw, mesjid/musholla  menjadi sarana untuk memperkokoh iman para sahabatnya. Disamping itu, mesjid/musholla juga digunakan sebagai sarana peribadatan dan tempat mengkaji ajaran Islam. Allah berfirman :

Hanyalah yang memakmurkan mesjid-mesjid Allah adalah orang-orang yang beriman kepada Allah, dan Hari Kemudian, serta tetap mendirikan Shalat, menunaikan Zakat, dan tidak takut(kepada siapa pun) selain kepada Allah maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk (QS:At-Taubah:8)

Tampak Beberapa Warga sibuk mempersiapkan bahan bahan pembangunan.

Mesjid/musholla mengajarkan kaum Muslimin banyak hal. Dalam shalat berjamaah misalnya, banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil. Roh Jama`i dan kebersamaan, ketaatan kepada pemimpin, tujuan hidup yang satu, kesamaan langkah dan gerak, dan masih banyak pelajaran lainya bisa kita ambil dari tempat yang suci ini.

Kebersihan juga pelajaran penting yang bisa diambil dari roh dan semangat Mesjid. Berangkat ke mesjid/musholla dalam keadaan berwudhuk dan melepas alas kaki ketika memasuki mesjid/musholla. Hal ini mengajarkan kepada setiap pribadi muslim untuk menjaga kebersihan, Setiap mereka harus memulai pekerjaan sehari-harinya dengan niat yang bersih.

Dan disamping itu kita harus bisa memposisikan mesjid/musholla sebagai wadah pemersatu kaum muslimin Kampung Mekar Jaya. Menghidupkan kembali peranan mesjid dengan segala macam aktivitas yang telah kita paparkan diatas yang telah terbukti membawa kaum muslim pada puncak peradaban besar.

Tujuan Pembangunan Mushola

  • Sebagai sarana beribadah umat Islam.
  • Sebagai sarana pusat kajian Islam sesuai Al Qur’an dan As Sunnah
  • Untuk sarana Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Ar-Rifahah

Manfaat Pembangunan Mushola

  • Sebagai fasilitas untuk melaksanakan shalat berjamaah dari warga sekitar.
  • Dapat meningkatkan pemahaman tentang Islam yang Rohmatan lil a’lamiin sesuai Al Qur’an dan As Sunnah..
  • Meningkatkan sumber daya manusia yang baik di lingkungan sekitar yang aman dan nyaman dengan melakukan pembinaan secara rutin terhadap generasi penerus.

 “Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim” (Q.S Al Imron : 102)

 “Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada apapun) kecuali kepada Allah, Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk (18).” (Q.S At Taubah : 18 )

 “Yaitu orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik diwaktu lapang maupun sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain, Allah menyukai orang yang berbuat kebajikan”. (QS. Ali ‘Imron 134)

Rosulullah SAW bersabda:

“Jika anak adam meninggal dunia, maka terputus amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang Sholeh” (HR. Muslim).

“Barang siapa yang membangun masjid karena mengharap ridho dan pahala dari Allah, maka Allah akan membangun untuknya yang seperti itu di surga” (Hadist Bukhori dan Muslim).

 

About mekarjaya 112 Articles
Admin Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan