Pembukaan Akses Jalan Penghubung Purwajaya Tulang Bawang-Mercu Buana Tulang Bawang Barat via Mekar Jaya

Akses jalan wilayah Dusun 2 Mekar Jaya.

Mekar Jaya, 13 Maret 2018 Kampung Mekar Jaya merupakan Kampung Pemekaran dari Proyek Transmigrasi Unit 1 angkatan pertama Tulang Bawang pada tanggal 27 Maret 1977 dan sebentar lagi genap 41 tahun yang lalu. Yang pada masanya Unit 1 pada awalnya adalah satu Kampung yang bernama Purwajaya hingga saat ini sudah mengalami pemekaran beberapa kali menjadi 4 Kapung yaitu: Purwajaya, Penawar Jaya, Penawar Rejo dan Mekar Jaya.

Alat berat yang di gunakan untuk Pembukaan Jalan Produktif

Kampung Mekar Jay sendiri mengalami Pemekaran tepatnya tanggal 3 September 2009, Kampung ini berada di pinggir Kabupaten Tulang Bawang berbatasan dengan Kabupaten Tulang Bawang Barat sebelah Barat dan Utaranya, karena Kampung Kami berada di pinggir maka dari segi keramaian dan insfrakstruktur masih jauh di banding Kampung yang dekat dengan Ibu Kota Kabupaten. Namun demikian segala upaya dan usaha tidak henti-hentinya oleh Pemerintah Kampung agar Kampung ini dapat setara dengan Kampung lainya dalam segala bidang.

Sebagai bentuk Komitmen Pemerintah Kampung mengajukan ke Pemda Tulang Bawang melalui Dinas PU melalui program Pembukaan Jalan Pertanian/ Produksi Alhamdulillah pada tahun ini kita dapatkan program tersebut yang mana ini merupakan kerja sama Pemda dan Kampung dimana biaya alat berat sampai operasional operator menjadi tanggung jawab Pemda sedang masalah keamanan alat dan operasional operator tempat tinggal dan makan swadaya Kampung. Program ini merupakan tindak lanjut dari Program yang telah berjalan di Kampung Purwajaya ke Mekar Jaya dan kita teruskan menuju Tiuh Mercu Buana Kab. TUBABA. Adapun isi program ini adalah pembuatan badan jalan dan penggalian drainase jalan.

Jalan yang akan di lebarkan

 

Kondisi jalan setelah di kerjakan dengan Eksapator

 

Kondisil jalan banyak genangan air yang perlu pekerjaan lanjutan penimbunan dan pengerasan

Dan yang di tunggu-tunggu pun akhirnya datang juga mulai pada hari jumat, 9 Maret 2018 giliran pengerjaan pun di mulai dalam waktu kurang lebih 4 hari pengerjaan pencabutan dan pembersihan pepohonan di jalanpun selesai di lakukan sepajang kurang lebih 2-3KM dan akan dilanjutkan dengan pekerjaan penggalian drainase yang kemungkinan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Alat berat akan parkir dimana pekerjaan terakhir di lakukan dan disitulah warga harus berjaga tiap malamnya

Yang menarik dari Program ini adalah tingkat partisipasif Masyarakat cukup baik dan antusias terbukti setelah pemilik lahan yang akan di lalui jalan tersebut secara sukarela tanaman yang terkena pelebaran jalan secara sukarela mengiklaskan baik tanaman singkong, jagung bahkan tanaman karet yang sudah produktif tidak cukup sampai disitu secara swadaya Masyarakat di bantu Aparat Pemerintah Kampung secara bergiliran turut mengamankan alat berat yang digunakan dengan berjaga atau siskamling di tempat alat berat itu parkir jadi setiap malamnya puluhan bahkan belasan warga rela tidur di tengah-tengah ladang untuk menjaga alat berat tersebut sebagai bentuk komitmen untuk mengamankan alat tersebut.

Akhirnya dari segala pengorbanan aparat pemerintah Kampung dan Warga Masyarakat berharap nantinya jalan yang telah di buka tidak di biarkan begiti saja namun Pemerintah baik Daerah maupun Pusat kiranya dapat meningkatkan menjadi jalan onderlagh syukur-syukur lapen atai hotmix agar akses jalan menuju Purwajaya maupun TUBABA lancar Sehingga warga masyarakat lancar dalam mengeluarkan hasil pertaniannya sehingga diharapkan kesejahteraan masyarakat akan segera dapat meningkat.

About mekarjaya 112 Articles
Admin Desa

1 Comment

Tinggalkan Balasan