BESARNYA MANFAAT IBU HAMIL MENGIKUTI POSYANDU

Mekar Jaya, 13 Maret 2018, POSYANDU Kampung Mekar Jaya Kecamatan Banjar Margo terus meningkatkan kinerjanya dengan selalu memberikan Pembinaan tentang kesehatan masyarakat, lebih khusus untuk ibu dan anak-anak. Dalam hal ini POSYANDU Kampung Mekar Jaya Kecamatan Banjar Margo memiliki program Kelas Ibu Hamil.

Program Kelas Ibu Hamil dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan terhadap ibu hamil agar bisa mengetahui hal-hal apa saja yang di alami ibu hamil dan cara penangananya.

“setiap ibu hamil tidak boleh takut terhadap kemingkinan-kemungkina yang akan terjadi, asalkan ibu hamil mampu mengenali setiap gejala-gejala yang terjadi dan cara penanganannya”. 

Program Kelas Ibu Hamil ini merupakan Program yang di galakkan POSYANDU Kampung Mekar Jaya Kecamatan Banjar Margo, Kelas Ibu Hamil di laksanakan sebulan sekali  secara rutin.

Pembukaan Program tersebut di ikuti oleh semua ibu hamil yang berada di Kampung Mekar Jaya serta kader-kader POSYANDU.

Seiring perkembangan kebijakan, strategi, dan pendekatan pengelolaan kesehatan masyarakat, keberadaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) juga mengalami pasang surut. Kemudian lahir konsep revititalisasi Posyandu, dan pendekatan lainnya, yang pada dasarnya kesemuanya bermuara pada pemahaman akan pentingnya peran Posyandu sebagai ujung tombak penggerakan dan pelayanan kesehatan masyarakat.

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, bagi ibu, bayi dan anak balita

Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah saja, namun semua komponen yang ada di masyarakat, termasuk kader. Peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Keberhasilan pengelolaan Posyandu memerlukan dukungan yang kuat dari berbagai pihak, baik dukungan moril, materil, maupun finansial. Selain itu diperlukan adanya kerjasama, tekanan dan pengabdian para pengelolanya termasuk kader. Apabila kegiatan Posyandu terselenggara dengan baik akan memberikan kontribusi yang besar, dalam menurunkan angka kematian ibu, bayi, dan anak balita.

 

About mekarjaya 112 Articles
Admin Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan