Perkemahan Pelantikan & Kenaikan Tingkat Pramuka Penggalang Ramu Dan Pindah Golongan Dari Siaga Ke Penggalang

 

Mekar Jaya, 04 Februari 2018  Gerakan Pramuka Gugus Depan SDN 01 Mekar Jaya  Banjar Margo Kwartir Cabang Tulang Bawang, mengadakan kegiatan perkemahan di halaman SDN 01 Mekar Jaya Kec. Banjar  Margo dengan tema kegiatan “Perkemahan Pelantikan & Kenaikan Tingkat Pramuka Penggalang Ramu Dan Pindah Golongan Dari Siaga Ke Penggalang”  dilaksanakan pada hari jum’at tanggal 02 Februari 2018 s/d Minggu 04 Februari 2018 cara di buka pukul 14.00 Wib di halaman SDN 01 Mekar Jaya.

Dihadiri pula bp. Kepala kampung mekar jaya yuswan setivanus beserta jajaranya, Dengan hadirnya kepala  kampung mekar jaya di kegiatan kegiatan di sekolah di  harapan mampu memberikan dukungan moril dan semangat sehingga anak didik yang mengikuti kegiatan perkemahan semakin termotivasi dan semangat.

Jadwal kegiatan Perkemahan Pelantikan & Kenaikan Tingkat Pramuka Penggalang Ramu Dan Pindah Golongan Dari Siaga Ke Penggalang dapat kita lihat sbb:

JADWAL KEGIATAN

HARI KEGIATAN
JUM’AT 02 FEBRUARI 2018 14.00 PEMBUKAAN PERKEMAHAN

15.30 ISOMA

15.30 -17.00 MATERI PERKEMAHAN

17.00 -19.30 ISOMA

19.30 – 22.00 PEMANTAPAN SKU

22.00 PULAU KAPUK (TIDUR) DAN APEL TENDA

 

 

SABTU 03 FEBRUARI 2018 04.30 SHOLAT SUBUH

05.30 – 07.00 SENAM + APEL BENDERA

07.00 – 08.00 MAKAN PAGI

08.00 – 11.30 LOMBA PBB + PIDONERINK

 

MINGGU 04 FEBRUARI 2018 04.00 CAKARA/ CARI JEJAK MALAM DAN UJI KELULUSAN

05.00 SHOLAT SUBUH

06.00 SENAM PAGI

07.00 APEL PAGI

08.00 MAKAN PAGI

09.00 – 11.00 HAIKING

11.00 – 13 00 ISOMA

13.00 -15.30 UPACARA PENUTUPAN DAN PELANTIKAN

 

SAYONARA

Gugus depan adalah suatu kesatuan organik terdepan dalam Gerakan Pramuka yang merupakan wadah untuk menghimpun Anggota Gerakan Pramuka dalam penyelenggaraan kepramukaan, serta sebagai wadah pembinaan bagi anggota muda dan anggota dewasa muda. Gugus depan juga berfungsi sebagai pangkalan bagi peserta didik Gerakan Pramuka.

 

Yang paling banyak didapati adalah  Gugus Depan yang berpangkalan di sekolah dan perguruan tinggi. Namun gugus depan tidak harus didirikan di sekolah. Karena secara umum gugusdepan dibentuk berdasarkan wilayah atau biasa disebut sebagai gudep wilayah. Gudep wilayah ini dapat dibentuk dan berpangkalan (bertempat) di :

 

  • Lembaga Pendidikan, semisal sekolah, kampus perguruan tinggi, asrama, pesantren, dan tempat ibadah.
  • Kelurahan, desa, dan wilayah rukun warga (RW)
  • Instansi pemerintah dan swasta termasuk komplek perumahan pegawainya
  • Perwakilan RI di luar negeri

Setiap gugus depan tersebut berkewajiban untuk menerima kaum muda (anak berusia 7-25 tahun) yang bertempat tinggal di sekitar wilayah tersebut sebagai anggota tanpa membedakan suku, ras, golongan, dan agama. Sehingga sebuah gugusdepan, contohkanlah gudep yang berpangkalan di sebuah SMP, wajib menerima anggota sekalipun pramuka tersebut tidak bersekolah di SMP tersebut.

Di samping gugusdepan wilayah, pun terdapat gugusdepan yang mengakomodasi anggota pramuka berkebutuhan khusus. Gugusdepan ini terdiri atas :

  • Gudep Pramuka Luar Biasa; yaitu gugusdepan yang menghimpun anggota pramuka yang berkebutuhan khusus atau penyandang cacat yang mengalami gangguan fisik, emosi, perilaku, dan sosial .
  • Gudep Terpadu; yaitu gugusdepan biasa yang sebagian anggotanya pramuka penyandang  cacat.
  • Gudep Inklusif; yaitu gugusdepan biasa yang sebagian anggotanya mengalami gangguan fisik, emosi, perilaku, dan sosial.

Upacara Pelantikan merupakan serangkaian upacara dalam rangka memberikan pengakuan dan pengesahan terhadap seorang pramuka atas prestasi yang dicapainya.

Tujuan upacara pelantikan 

Upacara pelantikan bertujuan agar para pramuka yang dilantik mendapat kesan yang mendalam dan membuka hatinya untuk dapat menerima pengaruh pembinanya dalam upaya membentuk manusia yang berkepribadian, berbudi pekerti luhur, bertakwa kepada tuhan YME, peduli pada: tanah air, bangsa, masyarakat,alam linkungan serta peduli pada dirinya sendiri dengan berpedoman pada satya dan darma pramuka.

About mekarjaya 112 Articles
Admin Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan