Seni Budaya Karawitan Kampung Mekar Jaya kecamatan banjar margo

Seni Karawitan (gamelan Jawa) adalah suatu pernyataan musikal yang mempunyai bentuk kompleks dan perkembangan yang tinggi. Fungsi seni karawitan yang sangat menonjol adalah sebagai sarana komunikasi. Suatu bentuk seni yang berbobot harus mampu menyampaikan pesan atau berkomunikasi dengan baik. Pesan atau makna suatu karya seni tidak akan sampai ke dalam hati apabila komunikasinya kurang efektif, hubungan antara karya dan yang menyaksikannya menjadi kurang mantap

Minggu 28 januari 2018, Latihan seni budaya karawitan Kampung Mekar Jaya Kecamatan Banjar Margo sangat menjunjung tinggi nilai seni budaya asli indonesia dan ini di buktikan dengan kegiatan latihan karawitan /gamelan,  latihan setiap hari minggu mulai pukul 14.00 wib sampai dengan selasai.

Kegiatan karawitan sendiri berada Dalam Struktur Karang Taruna Cakra Mahardika Kampung Mekar Jaya di bidang Seksi Seni Budaya. Latihan karawitan / gamelan rutin di laksanakan seminggu sekali, dengan harapan para pemuda Mekar Jaya dapat melestarikan warisan Budaya Bangsa sehingga seni karawaitan tidak punah dengan kemajuan zaman pada saat ini,

Kita tahu bersama saat ini adalah zamannya ilmu tehnologi, anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa lebih suka menghabiskan waktu dengan bermain Gadget , sehingga dari waktu ke waktu jika seni karawitan /gamelan ini tidak dilestarikan dengan baik maka kedepanya para pemuda Mekar Jaya sulit untuk menerima seni buda karawitan bahkan dampak buruk yang akan terjadi adalah seni karawitan ini akan punah.

Pemerintah Kampung Mekar Jaya sendiri sangat mendukung kegiatan latihan seni karawitan/gamelan dan mengupayakan sebaik mungkin agar seni karawitan ini selalu berjalan dengan baik, dan juga membuktikan bahwa kampung mekar jaya masih melestarikan seni budaya karawitan.

About mekarjaya 112 Articles
Admin Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan