Gotong Royong Jum’at Bersih Di Kampung Mekar Jaya 26 Januari 2018

Jumat Bersih adalah suatu kegiatan yang dilakukan pada hari Jumat, biasanya di lakukan setelah sholat jum.at  dimana warga melakukan aktvitas bersih-bersih yang bersifat gotong royong. sebagian besar masyarakat mekar jaya  melaksanakan kegiatan ini secara rutin dan sudah menjadi kegiatan yang umum dilakukan oleh masyarakat Mekar Jaya. Banyak manfaat dari kegiatan Jumat Bersih ini. Manfaatnya antara lain yaitu lingkungan menjadi bersih, menumbuhkan rasa saling peduli dalam hal kebersihan, dan menguatkan tali silaturahmi dengan masyarakat.

Namun pada kenyataannya, kegiatan Jumat Bersih ini tidak dapat terlaksana dengan baik. Dengan masuknya era globalisasi, minat masyarakat untuk gotong royong dalam kegiatan Jumsih ini semakin berkurang dari waktu ke waktu. Tentu saja ini sangat memprihatinkan karena melemahkan kebudayaan gotong royong di masyarakat. Untuk itu kami  selaku masyarakat Kampung Mekar  Jaya berusaha melestarikan budaya gotoong royong, dengan harapan sebagai contoh bagi para pemuda Mekar Jaya agar kedepanya mempunyai semangat gotong royong

Pada kegiatan gotong royong jum’at  bersih di Kampung Mekar Jaya terdapat banyak titik di setiap lingkungan Rt maupun Rw, biasanya gotong royong jum’at bersih di lakukan tiap-tiap Rt.

Hasil

yang diperoleh dari kegiatan Jumsih ini antara lain lingkungan sekitar rumah dan saluran air menjadi lebih bersih dan tidak ada sampah yang berserakan. Hambatan dari kegiatan ini adalah kekurangan alat kebersihan, antusias masyarakat juga sangat minim ini dilihat dari sedikitnya masyarakat yang hadir dalam kegiatan ini. Saran untuk kegiatan ini adalah agar kegiatan Jumat Bersih dilakukan secara berkala supaya sikap gotong royong masyarakat lebih erat dan lingkungan sekitar desa terjaga kebersihannya.

About mekarjaya 112 Articles
Admin Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan