Melintang Tanpa Tiang, Kabel Listrik PLN Bahayakan Warga

Tidak maksimalnya pasokan listrik di kawasan RK 04 kampung Mekar Jaya kec. Banjar Margo membuat warga mengeluh karena tidak dapat menikmati fasilitas listrik sepenuhnya. Kondisi itu diperparah karena suplai jaringan listrik yang diterima warga  dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) hanya menggunakan kabel seadanya.

Kepala Kampung Mekar Jaya Yuswan Setivanus  berharap agar PLN membenahi jaringan listrik di kampungnya yang menggunakan kabel seadanya, serta dilakukan pemasangan tiang listrik.

Kondisi kabel yang digunakan pihak PLN dinilai tidak memenuhi kelayakan, lantaran terdapat banyak sambungan serta dibiarkan begitu saja melintang melewati perkebunan dan perumahan warga tanpa menggunakan tiang, sehingga bisa mengancam keselamatan masyarakat.

Selain itu, di beberapa titik hanya menggunakan tiang yang terbuat dari kayu atau  bambu  untuk menopang jaringan kabel listrik,

Kami berharap agar pihak PLN segera membenahinya, utamanya melakukan pemasangan tiang listrik khususnya di kawasan RK 04 , agar tidak lagi menggunakan tiang dari kayu atau bambu.

Menurut pantauan seorang warga kampung Mekar Jaya bahwa kondisi jaringan memang tidak sesuai standart prosedur teknis dan dapat membahayakan warga. Ketinggian kabel rata-rata 1,5 s/d 4 meter dari permukaan tanah.
Belum lagi sambungan tidak sesuai PTO bahkan tidak terbungkus.

 

Dari fakta diatas dapat disimpulakan bahwa :
– Adanya pembiaran terhadap kondisi jaringan yang ada walaupun hal itu diketahui tidak sesuai standart keselamatan dan PTO.
– Petugas ranting PLN terdekat tidak tanggap terhadap info warga.
– Perlu perhatian pemerintah terkait tingkat atas agar perlu diadakan tiang listrik.
– Perlu tindakan disiplin kepada petugas PLN yang tidak responsib terhadap setiap informasi menyangkut kendala dan gangguan jaringan listrik dilingkungan/wilayah kerjanya.

About mekarjaya 112 Articles
Admin Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan