Pendidikan Non Formal di Tengah Pendidikan Formal Di Masa Modern

Mekar Jaya Sabtu, 30 Desember 2017 Madrasah Diniyah Miftahul Ilmi adalah lembaga pendidikan keagamaan bagi umat islam yang dirikan sekitar bulan Mei 2017 yang di disponsori oleh santri-santri lulusan pondok pesantren yang berdomisili di Kampung Mekar Jaya yang berdiri karena latar belakang banyaknya anak yang kurang tersentuh pendidikan agamanya dan juga para anak-anak yang telah lulus dari TPA serta melihat pergaulan para pemuda yang kurang mencerminkan prilaku dan tindakan sebagai seorang muslim karena kebebasan yang sering di salah artikan hingga cenderung menjadi fenomena kenakalan remaja.

Para santri berprestasi yang mendapat penghargaan berpose bersama

Pada awalnya Madrasah Diniyah Miftahul Ilmi di bentuk oleh hampir 20 pengurus dari berbagai level usia, namun seiring berjalannya waktu pada akhirnya seleksi alam pun berlaku sebagian besar para pengurus satu persatu menjadi pasif dan tidak lagi mau tahu urusan dan perkembangan Madrasah, hingga saat ini mungkin tinggal segelintir santri yang masih aktif untuk mengembangkan madrasah ini. Muhammad Fatkurrohman beliolah Kepala Sekolah Madrasah yang sampai saat ini masih komitmen untuk berjuang dan terus menerus memotivasi rekan-rekannya agar Madrasah dapat terus eksis.

Struktur pengurus Madrasah Diniyah Miftahul Ilmi yaitu: Kepala Sekolah M. Fatkurrohman, S.H.sy wakil Eksan, S.E.sy dewan asyadid atau pengajar Sutrisno, M.Mansur, M. Munib Rizkyawan, Arif Yudianto dkk yang semua adalah para santri lulusan pondok pesantren yang berbeda-beda namun berkomitmen bersama untuk memanfaatkan Ilmunya walau tanpa imbalan di masa perjuangannya karena santri dan santriwatinya belum seberapa karena masih dalam kondisi merintis namun demikian semangat dan loyalitasnya patut di diacungi jempol di masa-masa saat ini yang manusia cenderung materialisme mereka rela secara sukarela berbagi ilmu.

Sesepuh agama islam Hi. Mudawari, S. Pd.I sedang memberikan secara simbolis piagam penghargaan kepada santri berprestasi

Madrasah Diniyah secara resmi melaksanakan KBM pada bulan syawal setelah hari raya idul fitri pada awalnya memiliki sekitar 20 santri namun yang bertahan sampai semester awal hanya beberapa santri yang tersisa karena memang pendidikan keagamaan bukanlah pendidikan formal yang aturan dan kedisiplinan dapat dijalankan semudah pendidikan formal itulah tantangan pendidikan madrasah diniyah akan di laksanakan mengadopsi pesantren juga tidak bisa di terapkan.

KBM madrasah diniyah untuk sementara dilaksankan di serambi masjid Baiturrahman yang waktunya senin sampai sabtu waktu mulai ba’da magrib sampai dengan isya’ (selesai) dengan harapan bisa sholat magrib dan isya’ secara berjama’ah dan secara rutin setiap seminggu sekali melaksanakan gotong royong membersihkan lokasi masjid baik di dalam maupun di luar.

Ibu-ibu para wali santri turut menyaksikan dalam acara penyerahan laporan hasil belajar

Akhirnya selesai pendidikan madrasah untuk semester pertama di tandai dengan dilaksanakan evaluasi semester pertama pada bulan ini dan pada tanggal 30 Desember 2017 bertempat di Masjid Baiturrahman dilaksanakan Pembagian rapot semester pertama sekaligus pemberian penghargaan kepada santri dan santriwati yang berprestasi yang di berikan oleh sesepuh agama islam di Kampung Mekar Jaya, hal ini bertujuan sebagai reward dan rangsangan bagi santri lain agar lebih rajin dan giat lagi dalam belajar.

Dengan berdirinya Madrasah ini Pemerintah Kampung Mekar Jaya mengharapkan dapat meminimalisir kenakalan remaja dan membekali generasi muda agar kedepan menjadi orang yang memiliki moralitas yang baik sebagai bekal dimanapun dan apapun nantinya yang akan menjadi profesi mereka kedepannya, untuk itu kedepannya Insya Allah Pemerintah Kampung akan memberikan bantuan operasional untuk sedikit meringankan beban madrasah diniyah dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar.

Bapak Muhajir selaku tokoh agama sekaligus ketua BPK Mekar Jaya juga memberikan piagam penghargaan kepada santri berprestasi
Santri berprestasi dari kiri rizal, ilham dan jumar
About mekarjaya 112 Articles
Admin Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan