Bedah Rumah Swadaya Ala Warga Kampung Mekar Jaya

Jpeg

Mekar Jaya, Minggu, 14 Desember 207. Bapak Ponirin pemilik rumah yang sedang di bongkar oleh warga Kampung Mekar Jaya bukan karena melanggar atau bermasalah namun karena warga prihatin dengan keadaan rumah yang sudah miring apa lagi saat ini sedang musim penghujan sering di bareng dengan hujan badai atau angin kencang di kawatirkan rumah akan roboh.

Suasana gotong royong warga bongkar dan perbaikan rumah warga di Kampung Mekar jaya

Bapak ponirin adalah warga pendatang yang telah menetap di Kampung Mekar Jaya sekitar tahun 1990an Beliau merupakan pendatang yang berasal dari Kota Gajah Lampung Tengah pada awalnya sukses dari bertani bawang kemudian warung makanan untuk anak anak SD samping rumah beliau.

Seiring perjalanan ekonominya mulai surut berbagai faktor penyebabnya beliau telah memiliki 4 orang anak, puncaknya beberapa tahun yang lalu istrinya merantau ke bangka sampai saat ini tidak kunjung pulang.

Maka hiduplah beliau beserta 4 buah hatinya menjadi seorang ayah sekaligus ibu bagi putra dan putrinya menghidupi 4 orang anak tampa istri semakin memperburuk perekonomianya hingga rumah pun tak lagi mampu beliau pikirkan hingga keadaanya demikian memprihatinkan.

Warga bergantian dalam bekerja maklum suasana cukup.terik

Hingga beberapa minggu terakhir beberapa warga sekitar melihat keadan rumahnya tergugah untuk merenovasi rumah bapak ponirin sekalipun tidak bagus tapi minimal tidak membahayakan pemilik rumah dan keluarganya, beberapa warga tersebut kemudian berkoordinasi dengan pamong setempat hingga sepakat untuk memperbaikinya pada hari minggu, 4 Desember 2017 mulai pagi hingga selesai.

Alhamdulillah antusias warga cukup besar terlihat dari warga yang datang cukup banyak dan do bantu aparatur Kampung bahu membahu memperbaiki rumah bapak ponirin dan dalam satu hari tersebut dapat diselesaikan walaupun alakadarnya namun patut di ancungi jempol bagi warga sekitar yang masih memiliki kesadaran gotong royong membantu kesulitan tetangga.

Beberapa warga sedang menaikan genting

Bantuan yang diberikan warga bukan hanya sekedar tenaga ada yang membawa bahan bangunan, seperti balok, kaso, paku dan lain-lain, ada juga yang membawa air minum, makan untuk yang membantu perbaikan sungguh pemandangan yang indah suasana tempo dulu yang nyaris punah kini terasa kembali mudah-mudahan ini bukan yang pertama dan terakhir namun kegiatan semacam ini dapat terus di galakan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

Proses berbaikan sudah hampir 90% tinggal genting bagian belakang

Perbaikan dapat di selesaikan sekitar pukul 17.30 WIB walau bedah rumah tidak seperti di acara talkshow di televisi namun yang terpenting adalah prosesnya dimana rasa perduli, rasa kemanusian, rasa berbagi dan rasa kebersamaan itu yang terpenting bisa muncul, mudag-mudahan Dinas terkait dapat mengkoordinir sehingga keadaan rumah yang sudah tidak layak huni untuk dapat di bantu lewat bedah rumah bagi warga miskin atau kurang mampu.

Proses pemasangan kaso dan reng oleh beberapa warga
About mekarjaya 112 Articles
Admin Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan