Kemacetan Jembatan Cakat Raya Menggala Tulang Bawang

Jpeg

Menggala, 24 Desember 2017 Kemacetan di jalan lintas timur kembali terjadi menjelang natal dan tahun baru masehi. Kemacetan ini mulai ketika kendaraan yang saya tumpangi sampai di persimpangan pasar lama menggala sekitar pukul 11.30 WIB kemacetan dari dua sisi pengemudi bingung apa yang menjadi penyebabnya karena sepengetahuan saya jembatan sudah selesai perbaikannya.

Awal kemacetan setelah pertigaan pasar lama menggala.{dok.desa.id.foto.by.Giono}

Sampai pukul 13.00 WIB masih juga belum beranjak kendaraan dari kemacetan sebagian kendaraan pribadi yang tidak sabar menyelonong masuk jalur lawan dan tiba-tiba kendaraan yang berlawanan jalan jadi kendaraan tersebut pada minggir di tepian kanan hingga kendaraan berhenti total setelah ada celah mereka nyelip masuk di sela-sela antrian.

Sebagian pengendara tidak sabar ngantri menyerobot masuk jalur lain arah dan jika berpapasan minggir di tepian jalan sebelah kanan.{do.desa.id.foto.by.Giono}

Sekitar pukul 13.30 WIB kemacetan berangsur-angsur mulai jalan pelan dari kedua sisi jalan sampai si depan polres ada mobil fuso rusak di tepian jalan tapi di pinggir jalan harusnya tidak mengganggu  aktifitas jalan karena di tepian tapi kok terjadi kemacetan mungkin bukan itu penyebabnya pikir saya, sampai di depan Herman TB/ di depan SMK N Menggala ada perbaikan jalan penambalan lobang jalan ini mungkin biang keladinya, tapi biasanya ada perbaikan kemacetan gak separah ini.

Antrian panjang di dua jalur arah Palembang dan Bandar Lampung.{dok.desa.id.foto.Giono}

Setelah saya amati kemungkinan penyebab kemacetan komplek diantaranya :

  1. Hari ini adalah hari libur bersama dari kemarin jadi banyak kendaraan yang akan liburan, jadi kemacetan di pengaruhi karena volume kendaraan yang meningkat.
  2. Kerusakan kendaraan di depan polres mungkin awalnya yang memicu kemacetan.
  3. Perbaikan jalan juga bisa jadi penyebabnya.
  4. Kendaraan yang nyelonong masuk jalur lawan juga memperparah kemacetan.
  5. Kendaraan bertonase besar hingga berjalannya lambat memicu kendaraan kecil berebut jalan hingga saling makan jalan lawan.

Itulah beberapa penyebab kemacetan hampir 2 jam si sekitar jembatan cakat raya di hari menjelang libur natal, mudah-mudahan dengan tulisan ini pihak-pihak yang berkepentingan dapat menjadikan pengalaman agar tidak terjadi kemacetan yang sama di kemudian hari. Dinas PU kalau perbaikan jangan pada saat liburan, Polantas agar tindak tegas kendaraan yang nyelonong kemacetan.

Berangsur-angsur mulai jalan merayap dari dua jalur dan mulai lancar di sekitar kediaman Herman TB.{dok.desa.id.foto.by.Giono}
About mekarjaya 112 Articles
Admin Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan