Mengoptimalkan Kembali Fungsi Satlinmas / Linmas Kampung Mekar Jaya Kecamatan Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang

Pelatihan Satlinmas / Linmas Kampung Mekar Jaya Kecamatan Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang Pada Tangga 9-10 Desember 2017

Istilah Linmas yang merupakan singkatan dari Perlindungan Masyarakat telah mengalami distorsi pengertian sehingga terjebak dalam anggapan umum yang hanya mengaitkan dengan sebuah fungsi dalam masyarakat yaitu fungsi linmas atau lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil atau Hansip. Merunut kepada kenyataan tersebut maka perlu di gali kembali tentang istilah dan pengertian dari Perlindungan Masyarakat dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) itu sendiri.

Pengertian Satuan Perlindungan Masyarakat dapat ditemukan pada Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, Dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum pada pasal 1 butir 1 yaitu : Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan. 

Satlinmas / Linmas Kampung Mekar Jaya Kecamatan Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang

Satlinmas/Linmas juga merupakan ujung tombak dilapangan dalam rangka pertahanan di masyarakat. Satlinmas/Linmas agar diberdayakan dan ditingkatkan perannya terutama dalam menunjang progam pemerintahan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, penangulangan bencana, serta pemeliharaan keamanan, ketertiban, dan ketentraman masyarakat. Peran Satlinmas/Linmas dalam rangka mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia bersama sama dengan komponen bangsa lain seperti TNI dan Polri selalu menjadi andalan bagi masyarakat.

 

Dengan Adakannya Pembinaan Satlinmas/Linmas Di Balai Kampung  Mekar Jaya Kecamatan Banjar Margo Kabupaten Tulang  Tulang Bawang Diharapkan Mampu Meningkatkan Disiplin, memupuk rasa kebersamaan dan persaudaraan dalam melaksanakan tugas serta menjaga keamanan, ketertiban, dan ketentraman juga perlindungan terhadapa masyarakat di desanya masing-masing. Satlinmas/Linmas merupakan bagian dari masyarakat sehingga Satlinmas/Linmas harus bisa memberikan contoh yang baik bagi masyarakat lainnya dalam menanamkan sikap kedisiplinan dan semangat Bela Negara setelah mendapatkan Pembinaan.

 

Tugas Linmas :

  1. Mengumpulkan dan menganalisa data dan informasi satuan perlindungan .
  2. Masyarakat serta pengamanan swakarsa .
  3. Menyusun prosedur tetap, petunjuk teknis dan pelaksanaan satuan perlindungan masyarakat serta pengamanan swakarsa .
  4. Mengidentifikasi dan menyusun usulan sarana prasarana satuan perlindungan masyarakat dan pengamanan swakarsa .
  5. Menyusun kebutuhan satuan perlindungan masyarakat yang bertugas di TPS dan teknis pelaksanaan pembekalan pada pemilu.

 

About mekarjaya 112 Articles
Admin Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan